Pengaruh
Harga Terhadap Penjualan
Menurut
Augusty Ferdinand (2006) “ harga merupakan suatu variabel penting dalam
pemasaran. Dimana harga dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan
untuk membeli suatu produk. Konsumen mempunyai anggapan adanya hubungan negatif
antara harga dan kualitas suatu produk. Maka mereka akan membandingkan antara
produk dengan produk lainnya dan barulah konsumen mengambil keputusan untuk
membeli suatu produk.
Harga
dapat mempengaruhi volume penjualan dan pendapat suatu perusahaan. Oleh karena itu dalam menetapkan harga suatu
produk. Perusahaan harus pandai membaca kondisi yang ada di pasar dan
menetapkan harga yang dapat bersaing sehingga dapat meningkatkan volume
penjualan perusahaan dan dapat terus mempertahankan bahkan lebih volume
penjualannya dari tahun ke tahun. Menurut Samuelson (makro ekonomi :81) harga
faktor ditentukan oleh interaksi antara permintaan dan penawaran faktor
produksi. Dari pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa harga merupakan suatu
nilai yang dicapai oleh penjualan dan pembeli mengenai suatu barang.
Menurut
Sadono Sukirno (2000:91) “harga suatu barang yang diperjual belikan adalah di
tentukan dengan melihat keadaan keseimbangan dalam suatu pasar. Keseimbangan
pasar tersebut terjadi bila jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah
barang yang diminta. Menurut Assegaf Abdullah dalam “Kamus Akuntansi”
(2001:444) menyatakan bahwa : “volume penjualan adalah jumlah unit yang terjual
dari unit produksi suatu pemindahan dari pihak produksi ke pihak konsumen, dan
tetap pada suatu periode tertentu.
DAFTAR PUSTAKA
Chendrawan, Tony. “Pengaruh Penerapan Total Equity
Management Terhadap Perilaku Produktif Karyawan “. Vol. 121 edisi 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar