Senin, 27 Oktober 2014

Menganalisis Artikel Lingkungan Hidup


Menganalisis Artikel Lingkungan Hidup








Analisis Artikel :

 kita harus menghemat kertas karena saat ini banyak pohon yang sudah gundul akibat penebangan  pohon yang tidak beraturan. Satu rim kertas, kita membutuhkan satu pohon untuk di tebang. Maka kita harus mengkontrol setiap pemakian kertas yang kita gunakan dan mulai detik ini mulai menghemat kertas dengan berbagai cara yang sudah disebutkan diatas.

Kalimat Tidak Efektif :

1.     Artikel lingkungan mencoba mengajak sahabat pecinta lingkungan hidup untuk menggunakan kertas secara bijak sehingga kita dapat menghematnya untuk kelestarian hutan.

Kalimat Efektif :

1.      Artikel lingkungan mengajak pecinta lingkungan untuk menggunakan kertas secara bijak dan menghemat untuk kelestarian hutan.
Kalimat Tidak Efektif :

2.      Jika kita perhatikan di sekeliling kita, maka barang-barang apa saja yang terbuat dari kertas dan mungkin kamu menemukan banyak barang yang terbuat dari kertas seperti kardus, buku tulis, kertas tulis, kertas fotokopi, koran, majalah, buku pelajaran/novel, tisu, alas gelas, kertas untuk keperluan promosi seperti brosur dan masih banyak lagi.

Kalimat Efektif :

2.     Kita perhatikan di sekeliling kita, barang apa saja yang terbuat dari kertas seperti kardus, buku tulis, kertas tulis, kertas folio, koran majalah , buku pelajaran atau novel, tisu dan alas gelas untuk keperluan promosi.

Kalimat Tidak Efektif :

 Bahan baku kertas adalah dari sebatang pohon. Untuk satu rim kertas, paling sedikit satu batang pohon ditebang.

Kalimat Efektif :

3.      Bahan baku kertas dari sebatang pohon, untuk satu rim menebang satu pohon.

Kalimat Tidak Efektif :

4.      Tanpa disadari, pada suatu masa hutan dipermukaan bumi ini akan habis ditebang untuk memenuhi kebutuhan kertas sehari hari. Apa lagi kita memanfaatkan kertas secara boros.

Kalimat Efektif :

4.     Tanpa disadari suatu saat hutan di bumi ini akan habis ditebang untuk memenuhi kebutuhan kertas sehari-hari.

Kalimat Tidak Efektif :

5.     Begitu banyak barang-barang berbahan baku kertas dan tidak sedikit kertas yang pada akhirnya dibuang atau berakhir menjadi sampah.

Kalimat Efektif :

5.      Banyak barang berbahan baku kertas yang pada akhirnya dibuang dan menjadi sampah.

Kalimat Tidak Efektif :

6.      Oleh karena itu kita harus sungguh-sungguh memperhatikan efisiensi pemakaian kertas, pengelolaan kertas serta pemakaian serta dampak dari setiap produksi kertas terhadap kelestarian hutan dan lingkungan.

Kalimat efektif :

7.      Oleh karena itu kita harus memperhatikan pemakaian kertas, pengelolaan kertas, serta pemakaian dampak dari setiap produksi kertas terhadap kelestarian lingkungan hutan.

Kalimat Tidak Efektif :

Tidak dengan mudah membuang kertas. Cobalah untuk memikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut digunakan untuk hal-hal lainnya.

Kalimat Efektif :

8.      Tidak mudah membuang kertas, fikirkan kembali kemungkinan tersebut untuk hal-hal lainnya.

Kalimat Tidak Efektif :

9.      Memanfaatkan aneka kertas bekas untuk berbagai aneka kerajianan seperti kertas daur ulang berwarna-warni, bingkai goto, kotak tisu dan sebagainya

Kalimat efektif :

 9.       Manfaatkan kertas bekas untuk berbagai kerajinan seperti kertas daur ulang berwarna-warni, bingkai foto, dan sebagainya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar